Tips Memilih Jas Untuk Pria

Sesuai jenisnya, masing-masing jaket memiliki sebutan yang berbeda-beda. Setelan jas (suit) terdiri dari minimal dua bagian yaitu jaket dan celana yang terbuat dari bahan berwarna sama dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Karena bentuknya yang khusus, cara mencuci dan merawat setelan jas berbeda-beda. Jika labelnya mencantumkan machine washable maka jas tersebut bisa dicuci sendiri memakai mesin cuci dan deterjen biasa.

Pelajari simbol-simbol pencucian pakaian dan pelajari pula pilihan deterjen rumah tangga di situs-situs yang bisa dipercaya. Sebagian setelan jas yang lain hanya bisa dibersihkan dengan cara dry clean di jasa penatu/laundry.

Selain jaket setelan jas, ada juga blazer, yaitu jaket yang berdiri sendiri tanpa pasangan celana. Blazer biasanya bersifat lebih kasual dan bermotif lebih berani, misalnya motif herringbone (tulang ikan) atau houndstooth (gigi anjing).

Sebagian blazer bisa dicuci sendiri dengan deterjen biasa, namun sebagian lainnya perlu dibersihkan dengan cara dry clean di jasa laundry. Berikut ini tips memilih setelan jas untuk pria, seperti dikutip dari Fashion Pria:

1. Pilihlah jas yang pas.

Pedoman utama memilih setelan jas adalah nyaman dipakai dan pas dibadan. Nyaman berarti tidak mengekang dan pas bukan berarti ketat.

2. Perhatikan bagian bahu, dada, lengan, dan panjangnya.

Pilihlah jas yang memiliki ruang cukup di bagian bahu sehingga lengan bisa bergerak bebas, tetapi hindari bahu jas yang melebar terlalu jauh dari ujung bahu si pemakai.

Untuk panjang lengan, ukuran yang aman adalah ujung lengan jatuh tepat di bawah tulang pergelangan tangan ketika badan dalam posisi siap. Atau tidak lebih dari setengah ibu jari.

Ukuran ini seharusnya menampakkan sekitar 0,5 cm ujung lengan kemeja di dalamnya. Hal ini sedikit berbeda jika kita berkiblat ke mode fesyen di Jepang di mana lengan jas lebih pendek atau jatuh tepat di atas tulang pergelangan tangan sehingga memperlihatkan lebih banyak ujung lengan kemeja.

3. Panjang jas perlu disesuaikan dengan tinggi badan.

Sebagai patokan umum, jas harus menutup pantat atau minimal setengah pantat. Baik panjang lengan maupun panjang jas perlu benar-benar diperhatikan karena jas merupakan salah satu jenis pakaian yang sulit dirombak.

Kemungkinan ukuran jas menyusut setelah dicuci secara benar juga sangat kecil. Jadi pilihlah yang betul-betul pas.

4. Sebelum membelinya, perhatikan juga label perawatan dan pencucian.

Keterangan tersebut biasanya berada di bagian dalam jas atau di dalam saku dalam jas. Di situ akan disebutkan apakah jas tersebut bisa dicuci sendiri dengan mesin cuci dan deterjen rumah tangga atau hanya bisa dry clean.

Aturan Dasar Kancing Jas

Bagian terpenting jenis pakaian ini adalah kancing penutupnya yang berjumlah satu, dua, atau tiga. Kiat simpelnya adalah tidak memasang kancing paling bawah. Untuk jas berkancing dua, hanya pasang kancing atas pada saat berdiri. Khusus untuk jaket berkancing tiga, ikuti aturan berikut ketika berdiri:

  • Pasang kancing atas kadang-kadang
  • Selalu pasang kancing tengah
  • Jangan pernah pasang kancing bawah.

Sebelum duduk, buka kancing jas terlebih dulu. Pasang kembali setelah bangkit dari duduk. Selain untuk membuat badan tetap nyaman ketika duduk, langkah ini juga membantu menjaga agar kancing jas tidak tertarik dan akhirnya lepas.